← Back Published on

Faktor Remaja Bunuh Balita, Psikolog: Masa Remaja Mudah Terpengaruh Lingkungan

Ilustrasi: Didie SW/dok. Kompas.com

Jakarta – Beberapa minggu lalu, warga sempat digegerkan dengan pembunuhan balita (5) oleh gadis remaja (15) di Sawah Besar, Jakarta Pusat (5/3). Gadis remaja berinisial NF tega membunuh APA tetangganya sendiri di kamar mandi. Kepada polisi, pelaku mengakui tindakan ini dilakukannya dengan sengaja. Di dalam bak kamar mandi tersebut, pelaku menganiaya korban hingga meninggal.

Seorang psikolog dari Archana Biro Psikologi, Kurniasih Ayu Chentari, mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan pelaku tega melakukan hal ini. Faktor itu diantaranya, gangguan kepribadian, rasa frustasi, pola asuh orang tua dengan kurangnya kasih sayang dan efek lingkungan.

“tampak bahwa masa remaja memang masa dimana seorang anak mengeksplorasi lingkungan dan membentuk jati dirinya sendiri sehingga ia sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan,” ujar Kurniasih melalui pesan singkat, Sabtu (21/3).

Selain itu, Kurniasih berpandangan, minimnya internalisasi norma terhadap pelaku.

“tampak juga adanya kontrol diri yang sangat kurang dimana pelaku tidak bisa memfilter perilakunya benar atau salah sesuai norma,” tutur Kurniasih.

Peristiwa ini bermula ketika korban bermain dengan adik pelaku di rumah pelaku pada Kamis sore (5/3). Korban diajak menuju kamar mandi kemudian pelaku menganiaya korban hingga meninggal. Karena sudah lemas, pelaku berniat untuk membuang jenazah korban. 

Namun, karena hari menjelang malam pelaku menyimpan jenazah korban dalam lemari. Di pagi harinya pelaku kebingungan untuk membuang jenazah korban, hingga akhirnya pelaku melaporkan dirinya ke kantor polisi pada Jumat pagi (6/3).